SEKOLAH LUAR BIASA KHUSUS TUNANETRA

KAMI

image
SLB,

PEMBINA TINGKAT NASIONAL

Visi Terwujudnya pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan penglihatan menjadi pribadi yang mandiri,taqwa,cerdas dan trampil dalam masyarakat inklusif Misi a. Mengurangi dampak gangguan penglihatan melalui intervensi dini (baik usia maupun kemampuan) dan rehabilitasi. b. Meningkatkan/memperluas pengetahuan,wawasan, pengalaman dan sikap percaya diri melalui pendidikan inklusif c. Meningkatkan ketrampilan dan memperluas peluang kerja melalui pendidikan inklusif d. Mendorong terwujudnya kesamaan hak dan kesempatan melalui kesetaraan perlakuan

NSS/NIS/NPSN : 101016307045/280010/20103099


Satuan Pendidikan
Taman Kanak kanak
Sekolah Dasar
Sekolah Menegah Pertama
Sekolah Menengah Akhir

Ekstra kurikuler
Pramuka
Seni musik
Olahraga

Keterampilan Khusus
Orientasi Mobilitas
Braile
Teknologi Asistif

Struktur Organisasi

Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Ratmartini, M.Pd

Wakasek Kurikulum
Wakasek Kurikulum

Dra. Cucu Nuraeni

wakasek kesiswaan
Wakasek Kesiswaan

Drs. Adjar Agus Budijanto

Koordinator TU
Koordinator TU

Tri Ananda Agustina CW. S.Psi.PSikologi

Komite Sekolah
Komite Sekolah

M. Ichwan Hamzah

Koordinator SDLB
Koordinator SDLB

Tifa Fiteria Savitri, S.Pd

KEGIATAN

GERAK JENIUS DALAM RUANG AUTISME


GERAK GENIUS dalam Ruang AUTISME

Oleh Nabila Vista Febriani
(Mahasiswa Fakultas Psikologi)


”My autism is the reason I’m in college and successful. It’s the reason I’m good in math and science. It’s the reason I care,”
-Jacob Barnett



Masyarakat awam mungkin sudah sangat familiar dengan gejala autisme, atau biasa disebut dengan Autism Spectrum Disorder. Sering kali masyarakat menggambarkan para penderita autis adalah orang yang cerdas atau bahkan genius, baik dalam hal berhitung, berlogika, atau membuat sebuah karya seni dengan detail yang rumit.

     Kalian tau gak sih siapa itu Sir Ishac Newton, Mozart, atau Albert Einsten?. Pasti tahu dong. Yap, benar sekali! Mereka adalah para tokoh dunia yang memiliki kecerdasan luar biasa. Namun, tahukah kalian kalau mereka adalah penderita autisme?

    Dari situ deh akhirnya masyarakat atau para netizen membangun kesimpulan bahwa orang dengan autisme biasanya cerdas dan sangat berbakat dalam suatu bidang tertentu. 
Apasih yang Membuat Otak Pengidap Autisme Berbeda dengan Orang Lain?
  
Menurut Sastra (2011:133), autisme adalah gangguan perkembangan pada otak yang dapat menghambat jalur kelancaran berkomunikasi dan berinteraksi. Selain mengalami hambatan, reaksi yang diberikan para penderita pun berbeda.
  
Nah, karena luasanya perbedaan spectrum error yang sangat luas, setiap pengidap autisme akan menunjukkan reaksi, tingkah laku, dan symptoms(gejala) yang berbeda-beda pula.
   Berkaitan dengan kutipan yang terdapat pada artikel ini, saya pernah mengunjuki sebuah Sekolah Luar Biasa di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Saya melihat langsung bagaimana mere bertingkah laku, berkomunikasi, dan memang terlihat seperti para penderita autisme itu memiliki “dunianya sendiri.
   
Menurut buku karya Mirza Maulana berjudul Anak Autis , pertumbuhan sel otak yang terhambat biasanya disebabkan oleh inveksi virus seperti rubella, toxoplasmosis, herpes, dan penutrisian yang buruk, sehingga membuat fungsi koneksi otak pada bayi yang dikandung menjadi terganggu (Maulana, 2007:19)
Misteriusnya Pola Pikir Autisme
    Jalur misterius apa ya yang ada di pola pikir para penderita autis?. Yuk kita simak!.
     Karena terjadi sebuah hambatan pada koneksi  otak, tentu para penderita autisme memiliki cara berpikir yang berbeda. Namun, perbedaan tersebut tidak hanya menjadi sebuah gangguan, hal tersebut malah menjadikan para penderita autis memiliki daya ingat yang tajam. Tetapi karena gangguan koneksi pada bagian otak, membuat mereka merasa kesulitan terhadap respon emosi apa yang mereka harus berikan, apakah sedih, senang, atau marah.

     Tau gak sih kalian, kalau di dalam otak manusia terdapat bagian yang berfungsi untuk mengatur emosi dan perasaan seseorang? Nah, itu dia yang dinamakan lobus frontal. Pada penderita autis, bagian ini mengalami gangguan sehingga akan fungsi dari lobus frontal juga ikut terganggu Itulah yang menyebabkan para penderita autis kesulitan untuk menentukan respon emosi apa sih yang harus mereka berikan.
  
“Sejak Naufal duduk di kelas 5 SD, kemampuan berhitungnya sangat cepat”, kata orang tua Naufal, penderita autisme. Akirnya Naufal diikut sertakan berbagai olimpiade, khusus nya matematika. Dari hal tersebut menggambarkan, kemahiran para penderita autisme seharusnya bias dikembangkan dengan baik, bukan malah menjadi penghalang untuk berprestasi.
     Kok bisa gitu sih?. Jadi gini teman-teman, kemahiran dan kecerdasan kognitif mereka berada di atas rata-rata. Selain itu, karena perluasan imajinasi yang berkembang pesat, mereka dapat dengan mudah menyimpannya diingatan mereka, contohnya seperti rumitnya rumus matematika.
Mengapa Kebanyakan Autisme Itu Cerdas dan Genius?
       Setelah membaca  tulisan diatas, Anda pun mungkin mulai bertanya-tanya. Lalu apa sih yang membuat penderita menjadi cerdas?
       Banyak studi yang telah dilakukan untuk mencari tahu apakah semua penderita autisme memiliki potensi untuk menjadi genius man?.
     Ada beberapa faktor yang disepakati oleh para peneliti ngenai alasan mengapa banyak orang dengan autisme memiliki 
tingkat kecerdasan yang mengagumkan. 
1. Konsentrasi Mereka Tinggi Banget, Lho!
     Zidan, temanku yang menjadi salah satu penderita autisme. Dia sangat mahir sekali bermain game yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memenangkan game tersebut dengan cepat.
     H
al diatas dapat terjadi karena autisme mampu menjaga fokus dan konsentrasi mereka terhadap satu hal tertentu, sehingga mereka dapat dengan mudah mengarahkan gerak konsentrasi tersebut .
2. Daya Ingat Setajam Silet
    Ada satu kisah dari murid autis di tempat ibuku bekerja. Pada saat liburan, murid ibuku dan keluarganya pergi ke daerah Puncak, Bogor. Karena jalan yang berliku membuat si pengendara menjadi lupa arah jalan pulang. Namun ajaibnya, murid ibuku yang merupakan autisme masih sangat hafal arah tersebut, bahkan dia hafal ada berapa banyak penjual jagung disekitar jalan tersebut.

Pengidap autisme bisa dengan mudah mengingat hal-hal yang pernah ditemuinya karena mereka merekam setiap kejadian dengan sangat rinci dan terstruktur.
3. Sangat Memerhatikan Detail alias Kepo
   
Ih.. Kepo banget sih ni orang..”,itulah mungkin yang akan kamu ucapkan ketika kamu sedang bermain gadget didekat penderita. Karena mereka selalu merasa penasran dengan hal yang baru mereka lihat. Bahkan, mereka bisa sampai merebut HP mu, lho!. Karena bagi mereka, tidak ada detail yang terlalu kecil untuk diamati.
    NAH! Begitulah penjelasan mengenai “Gerak Genius dalam Ruang Autisme”, bagaimana sebuah kecerdasan dan kegeniusan seorang penderita autisme dapat terjadi bukan semata-mata mereka mengidap gejala tersebut, tapi memang itu semua terjadi karena mereka memiliki sebuah special spectrum dalam otak mereka yang dapat menjadikan mereka lebih cerdas dari orang kebanyakan.

VIDEO PEMBELAJARAN TUNANETRA

PEMBELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA
KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KHUSUS


GUBERNUR DKI KUNJUNGI SLB A PEMBINA

GUBERNUR DKI JAKARTA BAPAK ANIS BASWEDAN 
HADIRI SILATURAHMI AKBAR GURU SLB SE DKI
DI SLB A PEMBINA JAKARTA


Jakarta; Sabtu 28 Juli 2018 menjadi hari yang bersejarah bagi komunitas guru SLB se DKI Jakarta.
"Silaturrahmi Akbar Guru SLB se DKI jakarta" sebagai judul dari perhelatan  yang diselenggarakan di SLB A Pembina jakarta ini mampu menarik kehadiran 1000 guru SLB.


Acara ini dihadiri oleh Bp Anis Baswedan Selaku orang nomer 1 
di DKI jakarta yaitu sebagai Gubernur. Juga hadir Ibu Poppy direktur Pembinaan PKLK dikdasmen, Plt. Kepala Dinas pendidikan, beserta seluruh jajaran ke bawah, Walikota Jakarta selatan, Camat dan kapolsek Cilandak dan Lurah setempat.  

      


Kemeriahan acara Silaturahmi Akbar tersebut tersaji dengan suguhan pentas seni dari para siswa yang diantaranya penampilan Band dari SLB A Pembina, tari Nusantara dari Negeri 02, Marawis dari negeri 01 dan yang lainnya.









SLB A Pembina Sebagai Tuan rumah berusaha memberikan tempat yang memadai bagi hadirnya guru guru dari seluruh wilayah DKI, para tamu dan pejabat terkait, sehingga mereka merasa nyaman, senang dan bangga terhadap terlaksananya kegiatan yang di Gagas bersama MKKS dan IGPKhI DKI Jakarta.
    

Selamat Sukses untuk "SILATURAHMI AKBAR GURU SLB PROVINSI DKI JAKARTA"
### SELARASKAN LANGKAH, JALIN SILATURAHMI - RAIH PRESTASI ###

SELAMAT DATANG TAHUN AJARAN 2018/2019

SELAMAT DATANG
TAHUN PELAJARAN BARU 2018/2019


Jakarta: Tanggal 16 juli 2018, Seluruh siswa di seluruh wilayah RI mengawali tahunpelajaran baru 2018-2019. Mereka semua khususnya peserta didik baru maupun siswa siswa yang kenaikan kelas mengawali masuk dengan keceriaan, yaitu diantar oleh orangtua, dan disambut dengan ramah oleh bapak ibu gurunya.

       

Tidak berbeda dengan siswa siswa Tunanetra di SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL , kedatangan mereka ke sekolah disambut dengan gembira oleh bapak ibu guru didepan pintu gedung sekolah. sapa ramah dan jabat tangan untuk para siswa juga para orang tua yang mengantarkan siswa di hari pertama sekolah.

     

Pada Upacara mengawali berlangsungnya tahun ajaran baru 2018-2019 dilaksanakan dengan kidmad dan diakhiri dengan ucapan "selamat" bagi siswa siswa yang meraih prestasi baik bidang lomba O2SN dan FLS2N.


MARI KITA AWALI TAHUN AJARAN 2018-2019 INI 
DENGAN PRESTASI GEMILANG

SUKSES SELALU SLB A PEMINA JAKARTA  

WISUDA SISWA TUNANETRA 2018

SLB A PEMBINA JAKARTA
ME WISUDA LULUSAN SISWA TERBANYAK



SLB A Pembina Jakarta, merupakan satu-satunya sekolah khusus bagi siswa Tunanetra di Jakarta, yang ber alamat di Jl. Pertanian raya, Lebak Bulus, Cilandak - Jakarta Selatan.


 Pada akhir tahun pelajaran 2017/2018 berhasil meluluskan peserta didik dari jenjang TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB dengan predikat LULUS 100%.


Untuk memberikan pengalaman dan kebanggaan para peserta didik dan seluruh keljuarganya, maka Sekolah telah berinisiatif untuk menyelenggarakan Wisuda bagi seluruh siswa yang telah lulus.

 Wisuda pada tahun ini sangat istimewa. persiapan guru, dan dengan dukungan para orang tua maka pelaksanaan Wisuda berlangsung kidmat, meriah dan sukses berjalan lancar.
Seluruh siswa Lulusan SD, SMP dan  SMA mengenakan seragam TOGA (baju khusus Wisuda) sehingga nampaklah mereka berbinar, cantik, cakep dan gagah, dengan pakain dasar tradisional.

Kebanggaan, kebahagiaan, kemeriahan beradu padu, larut bersama aura kasih sayang. Orangtua, Guru dan seluruh siswa patut berbangga.
Inilah kami semuanya...


 


   




PESANTREN RAMADHAN TUNANETRA

SLB A PEMBINA JAKARTA MENGADAKAN PESANTREN RAMADHAN


Agenda pada bulan tersebut harus dilalui oleh siswa siswa yang tidak mengikuti kegiatan Ujian akhir US/USBN. Kelas 1 - 5 SD maupun kelas 7-8 dan 10 -11 masih aktif belajar. bahkan pada waktu puasa tersebut disibukkan dengan ulangan kenaikan kelas atau penilaian Akhir tahun.

Setiap ramadhan tiba, maka agenda pendidikan di SLB A Pembina tidak melupakan untuk mengadakan pesantren ramadhan. hal ini ditujukan untuk memberikan pembekalan keimanan dan peningkatan ibadah dalam mencapai peningkatan ketakwaan bagi siswa siswa.


Acara Pesantren dilaksanakan selama 3 hari yaitu dilaksanakn setelah Ulangan selesai. dan Satu satunya SLB negeri yang melayani pendidikan bagi siswa Tunanetra di Jakarta yaitu SLB A Pembina Tingkat Nasional.
Selama tiga hari pelaksanaan Pesantren, hari pertama di isi dengan kegiatan tausiah tausiah agama oleh bapak ibu guru dan guru Agama,





Pada Hari ke dua kegiatan sangat padat dengan berbagai lomba lomba 

seperti Adzan, Cerdas cermat, Wudhu baca alqur'an, hafalan Qur'an dll.
Acara di lanjutkan dengan buka puasa bersama. Dan yang sangat menarik dari kegiatan buka bersama adalah peran dari bapak ibi guru, orang tua dan para donatur.









Pada Acara buka bersama juga dihadiri oleh para donatur konsumsi, dan donatur hadiah hiburan. Hadir juga sekitar 30 alumni , yang menambah semakin semaraknya acara buka bersama.







Pada Hari terakhir Pesantren dilaksanakan dengan hadirnya donatur besar, yaitu pemerhati pendidikan anakl berkebutuhan khusus.
CT Arsa adalah sebuah yayasan yg ketuai oleh istri bp Chaerul tanjung, yang punya Transmart.
Mereka berkenan melaksanakan pembagian donasi kepada anak anak dan guru guru, dan menghadirkan Ustad Kondang yaitu Ustadz Maulana.

Semoga Seluruh rangkaian Kegiatan Pesantren menjadi amalan ibadah dalam menmakmurkan bulan Ramadhan Mubarok. Aamin.

PENTAS ANGKLUNG DI KEMENDIKBUD


ANGKLUNG SLB A PEMBINA MENJAMU PAK MENDIKBUD


Jakarta 27/3/2018: Bertempat di Ballroom Hotel Peninsulla Tower-Slipi. Tim Angklung siswa SLB A Pembina Tingkat Nasional jakarta berani tampil menyuguhkan Lagu lagu berirama angklung.
Dihadapan bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Muhajir Effendi dan segenap pejabat tinggi dilingkungan Kemdikbud, Tim Angkulung siswa Tunanetra berhasil memukau dengan sajian lagu Indonesia Pusaka dan Bungong Jeumpa.

ini sudah kali ke dua Tim ANgklung SLB A Pembina diminta mengisi acara yang di selenggarakan oleh Pusat Tehnologi dan Komunikasi Pendidikan ( PUSTEKOM) Kemdikbud




Kebanggaan pak Mendikbud menyaksikan angklung SLB A Pembina Jakarta disampaikan setelah selesai membuka acara simposium tersebut. Beliau berkenan ber akrab akrab dengan anak anak dan menyampaikan keinginannya untuk mementaskan angklung di rumah beliau.
Anak anak slb Pembina serasa sudah terlalu akrab dengan pak Menteri. Ada siswa yang ditanya, siapa dulu yang pernah dapat hadiah Gitar dari bapak
Sepontan "Rifqi" menjawab saya pak, jadi pak menteri masih ingat saya dong. lanjutnya...
Semua siswa benar benar berakrab ria dan celotehnya apa saja di smpaikan diomongkan.

Kalo main Ankgkungnya di rumah pak bapak mau enggak? kata pak menteri
Maauuuuuu. sorak anak anak semuanya.



ALAFTA ZIZI, JUARA I BERCERITA

LOMBA LITERASI PKLK
DINAS PENDIDIKAN PROPINSI DKI JAKARTA



Jakarta 10 Maret 2018 : SLB A Pembina Tingkat nasional mewakili Sudin Wil I Jakarta Selatan mengirimkan 4 siswa untuk mengikuti ajang lomba Literasi yang diselenggarakan oleh Bidang SD dan PKLK dinas Pendidikan DKI Jakarta.


Allafta Hirzi Sodiq, anak dengan multi talenta yang merupakan peserta lomba bercerita jenjang SDLB menyabet Juara I dari 7 peserta lainnya. Sehingga Zizi panggilan akrabnya ini berhak untuk mewakili DKI jakarta dalam Lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Zizi, yang tahun lalu juga meraih juara I dalam bidang menyanyi Solo, kini akan tampil dalam bidang lomba bercerita.

Pada Lomba Literasi kali ini siswa siswa dapat mempersembahkan tiga piala kebanggaan yaitu :
1. Alafta Zizi Juara I bercerita SDLB
2. Nabilatunnajah, Juara II Lomba Baca Puisi SDLB
3. Ibrahim Biko, Juara II Lomba menyusun Sinopsis SMPLB-SMALB

LOMBA LITERASI JAKARTA SELATAN


FESTIFAL DAN LOMBA LITERASI ABK
SUKU DINAS PENDIDIKAN WIL I JAKARTA SELATAN


Jakarta Rabu, 7 Maret 2018 : SLB A Pembina menyabet 4 Piala Juara I pada Seleksi dan Lomba Literasi  yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan.

Jenis mata lomba yang diselenggarakan meliputi : 
1. Lomba Baca Puisi SDLB
2. Lomba Bercerita SDLB
3. Lomba Menyarikan Cerita ( Sinopsis) SMPLB dan SMALB
4. Lomba Cipta dan baca Puisi SMPLB-SMALB
5. Lomba Mengarang Cerpen SMPLB-SMALB
6. Lomba Komik Strip SMPLB-SMALB

Kegiatan yang lomba tingkat wil I tersebut guna memilih para juara yang akan menjadi duta untuk lomba di tingkat Propinsi DKI Jakarta.


Dalam seleksi ini Siswa SLB A Pembina merebut 4 juara I dan 1 juara 3. Semoga seluruh upaya dan kesuksesan siswa siswa dapat dipertahankan sampai pada lomba di tingkat provinsi dan bisa menjadi wakil propinsi untuk lomba di tingkat nasional.  

Ikut memeriahkan dan memberi suguhan yang mengharukan sekaligus membanggakan yaitu penampilan DRUMBAND siswa siswa Tunanetra. Inilah penampilan Drumband Tunanetra Cilik Pertama di Dunia.

DRUM BAND SLB A PEMBINA


MEMERIAHKAN PEMBUKAAN 
SELEKSI LOMBA LITERASI SISWA ABK JAKARTA SELATAN 

Inilah penampilan Drumband Tunanetra Pertama di dunia, Dramband siswa TKLB dan SDLB
SLB A Pembina jakarta. yang sudah tampil dengan penuh semangat di beberapa event.

Selamat menyaksikan

BIOSKOP BERBISIK 'SLB A PEMBINA JAKARTA


BISIK BISIK BERBAGI CERITA

SLB APEMBINA 18 - 1- 2018 : Untuk menggerakkan semangat belajar para siswa , pada minggu pertama semester II tahun pelajaran 2017/2018 para siswa diajak untuk menonton dan membuat gedung bioskop di aula Sekolah.


Bekerjasama dengan Komunitas Cinta Film Indonesia, kegiatan nonton bioskop berbisik ini digelar pertama kali di sekolah. Bioskop berbisik adalah kegiatan nonton Film bagi tunanetra, yang pada setiap siswa didampingi oleh relawan pembisik. Relawan pembisik adalah mereka yang dengan sukarela membisiki latar cerita, tokoh dan alur cerita dari film yang di tonton.


Sebagai penggerak relawan pembisik yaitu Pak Budi selaku Ketua KCI adalah yang ikut menggagas dan akan mengembangkan keguiatan nonton bareng Bioskup bisik ini ke sekolah sekolah diseluruh nusantara, agar semua siswa dapat menghargai film film karya anak bangsa dan berakar budaya bangsa Indonesia.

Sukses untuk NOBAR NYA, dan ketemu lagi dalam kegiatan NOBAR selanjutnya.

HARI DISSABILITAS INTERNASIONAL 2107


PENTAS HARI DISABLITIAS 2017
SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL
JAKARTA

14 - 12 - 2017

SLB A PEMBINA : 
Totalitas siswa SLB A Pembina Jakarta dipertunjukkan dihadapan para pejabat di lingkungan Provinsi DKI jakarta pada acara "Peringatan hari Disabilitas Internasional (HDI) yang di selenggarakan di Sasana Utama (Aula) di sekolah

Hadir dari jajaran pemprov DKi yaitu Dr. Agus Suradika, Kepala badan kepegawaian Daerah 
( mewakili Gub DKI) Camat Cilandak, Pak Lurah lebak bulus dan dari kepolisian Resort Cilandak.
Puskesmas Lebakbulus dan LSM di wilayah Lebak bulus.



Dari Jajaran Dinas Pendidikan berkenan hadir Ibu Kanti herawati ( Kabid SD dan PKLK) Kasudin Jaksel I Bp Joko Sugiarto, Para pengawas dan kepala sekolah SLB se Jaksel I, Kepsek SLB Negeri DKi dan Kepala SD disekitar Lebak bulus dan kepala Sekolah penyelenggara Inklusi.
Dari kementrian pendidikan Pendidikan berkenan hadir Bp Dr. Praptono, mewakili direktur PKLK, Ibu Reni Yusuf mewakili ibu direktur Pembinaan Guru Dikmen, Bp Didi Pujohadi dari Pustekom.



Tak ketinggalan seluruh keluarga peserta didik / orang tua siswa dan para siswa Alumni yang turut serta menymbangkan kreativitasnya serta  Para pemerhati Pendidikan, dan dari Bank permata dan Bank DKI.








Jangan Lupa Bahagia

Kontak Kami
SLB JAKARTA
(021)765 7327
Jakarta, indonesia
Created Agustus 2010. Diberdayakan oleh Blogger.

About

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Follow Us @soratemplates

Site Links

test

Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla

Advertisement

Like us on Facebook

Over 600,000+ Readers Get fresh content from Eva

Social

Popular Posts